Pages

Selasa, 02 April 2013

BIOS


Pengertian BIOS, Basic Input-Output System, BIOS  merupakan aplikasi yang terpasang pada sebuah motherboard. Aplikasi pertama yang di-Load saat komputer anda pertama kali dinyalakan, Setiap Komputer memiliki BIOS yang berbeda, tetapi mempunyai cara yang sama untuk melakukan update bios.  Umumnya, untuk masuk ke menu BIOS, pada motherboard komputer cukup menekan tombol DELETE pada keyboard anda, tetapi untuk Laptop memiliki perbedaan untuk masuk ke menu BIOS  akan tetapi secara garis besar tombol yang digunakan adalah F2 pada keyboard. BIOS terletak pada chip didalam komputer dan dirancang khusus untuk melakukan operasi awal pada sebuah komputer.
bios_komputer_terbaru
Fungsi utama BIOS adalah memberikan instruksi untuk Power-on Self Test (POST). Tes untuk memastikan bahwa komputer memiliki semua bagian yang diperlukan dan fungsi yang dibutuhkan untuk mulai beroperasi dengan baik, seperti penggunaan memori RAM, keyboard dan bagian lainnya. Jika ada kesalahan yang terdeteksi pada saat tes, maka BIOS memerintahkan komputer untuk memberikan kode yang mengungkapkan masalah tersebut, Kode Kesalahan biasanya terdengar suara beep pada komputer setelah startup.
Untuk mengetahui versi BIOS yang terpasang pada komputer anda, bisa melihat langsung ke website produsen motherboard tersebut, dan anda bisa mendapatkan program Executable untuk melakukan update Bios Anda. Seperti Software / Aplikasi lainnya, Produsen motherboard juga secara berkala melakukan update BIOS.Update BIOS biasanya meliputi ;
  1. Perbaikan BUG : Mencakup perbaikan pada software BIOS yang berfungsi untuk membuat kinerja Motherboard menjadi lebih baik.
  2. Kompatibilatas : Setelah Update BIOS, termasuk kompatibilitas dengan hardware baru dan fitur terbaru.
  3. Performance / Kinerja : Dapat mempercepat proses sewaktu booting.
Pertanyaannya adalah, apakah anda perlu untuk melakukan UPDATE BIOS ke versi BIOS terbaru. Untuk memperbarui versi BIOS pada motherboard, ada beberapa masalah yang akan anda hadapai jika ternyata Update BIOS yang anda lakukan gagal. Kemungkinan BIOS bisa corrupt dan menyebabkan motherboard Mati Total.
Intinya, Jika anda melakukan Update Bios ke versi BIOS terbaru maka anda harus siap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi pada motherboard komputer anda. Meskipun proses untuk Update BIOS ke versi terbaru tidak terlalu rumit, Update BIOS boleh dilakukan jika anda benar membutuhkannya. Jangan melakukan Update BIOS, jika motherboard anda berjalan dengan normal dan bekerja dengan baik, dan tidak terjadi kerusakan pada pada motherboard tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar